HARAPANKU UNTUK IBU KOTA BARU - Life's Journey I Teguh Jiwandanu

Monday, August 19, 2019

HARAPANKU UNTUK IBU KOTA BARU



Hay sobat apa kabar hari ini?, semoga selalu sehat ya. Sobat merasa tidak kalau akhir-akhir ini kita selalu mendengarkan berita mengenai rencana pemindahan Ibu Kota. Sekarang sudah bukan rencana lagi melainkan akan terealisasikan lo. Semoga diperlancarkan-Nya Aamiin.

Pemindahan ibu kota oleh pemerintah melalui Kementerian PPN/Bappenas Republik Indonesia direncanakan bukan tanpa berfikir melainkan berdasarkan pertimbangan dan perhitungan yang mendalam. Oleh sebab itu kita harus bersama-sama mendukung pemerintah.

Keadaan Jakarta yang bisa dikatakan sudah “tidak baik” lagi merupakan salah satu alasan pemerintah untuk memindahkan ibu kota. Rawan kebanjiran, kemacetan, polusi kendaraan, ketersediaan air bersih, hingga penurunan permukaan tanah yang masih menjadi beban Jakarta membuat daya dukung lingkungan menurun dan menimbulkan kerugian ekonomi yang cukup besar. Berdasarkan data yang saya dapatkan, hanya kemacetan saja dapat membuat negara kita rugi RP. 67 Triliun. Bagaimana sobat terbayang tidak betapa besarnya kerugian negara hanya karena satu masalah saja?

Disisi lain sobat, konversi lahan terbesar terjadi di Pulau Jawa karena pertumbuhan urbanisasi yang sangat tinggi dan 57% penduduk Indonesia terkonsentrasi di Pulau Jawa juga menjadi salah satu alasan pemerintahan memilih Ibu Kota baru yang berada di luar Pulau Jawa yaitu Kalimantan sebagai lokasi Ibu Kota Baru.

Tentu terpilihnya pulau Kalimantan sebagai lokasi Ibu Kota baru berdasarkan pertimbangan antar lain: letak pulau Kalimantan yang berada di tengah Indonesia, luas lahan yang memadai, keadaan pulau Kalimantan yang minim bencana alam, ketersediaan air bersih, kepadatan dan kesuburan tanah yang masih terjaga.

Pemindahan ibu kota menimbulkan pro dan kontra. Saya sendiri mendukung penuh pemerintah untuk mewujudkan ibu kota baru dengan harapan-harapan demi terwujudnya Indonesia Maju. Adapun harapan-harapan saya tersebut antara lainnya:

1. Menjadi Ibu Kota Yang Lebih Mampu Menjaga Kedaulatan Negara
Berkaca dari permasalahan dulu yaitu kasus sengketa pulau Sipadan dan Ligitan yang akhirnya dimenangkan oleh Malaysia maka harapan saya yang pertama dan utama adalah ibu kota baru lebih mampu menjaga kedaulatan negara. Sekecil apapun wilayah negara Indonesia harus dipertahankan. Saya berharap sekali dengan pindahnya Ibu Kota ke Kalimantan yang letaknya lebih dekat dengan Pulau Sulawesi dan Papua dapat meningkatkan perhatian pemerintah mengenai wilayah-wilayah yang selama ini kurang diperhatikan seperti di wilayah perbatasan Kalimantan Malaysia.

2. Ibu Kota Yang Lebih mampu Mempercepat Pembangunan yang Merata
Lokasi pulau Kalimantan yang dipilih oleh pemerintah sangat saya dukung, karena letaknya yang menurut saya sangat strategis, saya sangat berharap sekali letak Ibu Kota Baru lebih mampu mempercepat pembangunan nasional yang merata. Menghilangkan sentimen Jawa sentris dan merencanakan pembangunan nasional yang merata baik itu infrastruktur, teknologi, listrik, saluran air dan lain-lainnya di Wilayah Indonesia Timur yang selama ini bisa dikatakan masih belum baik khususnya Pulau Papua, Sulawesi, Nusa Tenggara maupun Kalimantan itu sendiri. Saya meyakini dengan pembangunan yang merata akan berakibatkan pada perekonomian nasional yang membaik.

3. Ibu Kota yang Lebih Terintegrasi dengan dengan Teknologi
Ibu Kota adalah icon sebuah Negara. Orang asing akan melihat negara berdasarkan ibu kotanya, selama ini banyak yang mengeluhkan kemacetan dan polusi di Jakarta. Harapan saya mengenai Ibu Kota baru nantinya dapat lebih terintegrasi dengan teknologi, maksudnya semua aspek seperti pendidikan, rumah sakit, transportasi dan sistem informasi di terintegrasi dengan baik dengan sistem teknologi yang lebih mutakhir sehingga tidak terjadi kemacetan, listrik yang padam dan permasalahan-permasalahan lainnya.

4. Ibu Kota yang Lebih Bersih dan Sehat
Ibu Kota yang bersih dan sehat tentu akan memberikan efek positif terhadap peningkatan kualitas manusia di Ibu Kota. Kualitas lingkungan yang masih sangat bagus di Kalimantan saya berharap untuk selalu dijaga oleh pemerintah saat pembangunan ibu kota yang baru nantinya, sehingga terciptanya Ibu Kota Baru yang Bersih dan Sehat. Saya tidak sabar bagaimana ekspresi para tamu-tamu dari negara lain iri melihat Ibu Kota Baru yang asri.

5. Ibu Kota Yang Lebih Kuat dan Aman
Pemilihan Kalimantan yang memiliki tanah yang kuat dan subur, minim bencana alam, dan minim konflik sosial sangat saya dukung. Saya berharap dengan pindahnya ibu kota ke Kalimantan dapat terwujudnya Ibu Kota Baru yang lebih Kuat dan Aman. Gedung pemerintah yang tahan gempa dan aman dari konflik sosial.

6. Ibu Kota dengan Prinsip Berkelanjutan
Saya berharap sekali nanti ibu kota baru menerapkan prinsip berkelanjutan di semua aspek agar tidak hanya memikirkan permasalahan hari ini tapi memikirkan generasi berikutnya.

Jadi sobat, itulah beberapa harapan saya dari sejuta harapan saya untuk Ibu Kota Baru. Mungkin sobat juga memiliki sejuta harapan juga, namun sobat apapun harapan kita tentu tidak akan bisa terwujud tanpa adanya doa dan dukungan dari kita kepada pemerintah demi suksesnya pemindahan Ibu Kota. Untuk itu saya mengajak diri saya sendiri dan sobat untuk mendukung dan mendoakan Pemerintah dalam hal ini Kementerian PPN/Bappenas.

Cukup sekian tulisan saya kali ini sobat, semoga bermanfaat. Yuk kepoin akun media sosial Kementerian PPN/Bappenas untuk cari tau informasi lainnya:

- Instagram : @Bappenasri
- Facebook : https://www.facebook.com/bappenas
- Twitter : https://twitter.com/bappenasri

Disclamer:
Tulisan di atas merupakan karya orisinil penulis (bukan plagiat) yang diikutsertakan dalam Lomba Nasional Artikel dan Vlog dengan tema "Harapanmu untuk Ibu Kota Baru" yang diadakan oleh Kementerian PPN/Bappenas Republik Indonesia.



Sumber Gambar:
- Dokumentasi Pribadi
- freefik.com
- Bappenas

Infografis By:
- Lalu Teguh Jiwandanu


Daftar Referensi:
https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/06/054007626/bappenas-kerugian-akibat-macet-jakarta-rp-670-triliun-per-tahun
http://ibukotabaru.bappenas.go.id/
- dll

#Bappenas #IbuKotaBaru



2 comments: